MENU

Selasa, 25 September 2018

4 Fakta Tentang Anthony Ginting Juara Victor China Open 2018 Super 1000

(photo : badmintonindonesia.org)
 Gelaran turnamen badminton kelas Victor China Open 2018 BWF World Tour Super 1000 berakhir dengan lima juara dari lima negara yang berbeda. Indonesia sendiri mampu meraih satu gelar dari nomor tunggal putra lewat pemian andalan Anthony Sinisuka Ginting setelah sukses mengkandaskan pemain asal Jepang, Kento Momota dalam pertarungan dua gim yang ketat 23-21 21-19. Ini merupakan gelar keduanya tahun ini selepas juara di Indonesia Master Super 500 awal tahun ini.

Dibalik kisah sukses Anthony Ginting meraih gelar dikelas Super 1000 ini ada 4 fakta unik yang mungkin belum diketahui :

1. Dukungan Suporter China
Pada laga final yang berlangsung minggu siang waktu setempat, Anthony mendapat dukungan penuh dari para penonton yang mayoritas warga Tiongkok yang datang di Xincheng Gymnasium Olympic Sport Center. Dukungan itu berupa teriakan teriakan dengan kata "Anthony Jia You" yang artinya "Anthony Semangat". Penonton lebih memilih mendukung pemain jebolan SGS Bandung ini karena memang sejak awal permainannya memukau para penonton yang hadir. Bahkan mampu menumbangkan jagoan-jagoan mereka seperti Lin Dan dan Chen Long.

(photo : badmintonindonesia.org)
2. Menumbangkan 4 Juara Dunia
Sebelum mantap merengkuh gelar China Open, Ginting harus melewati undian yang berat. Namun ia mampu melewati hadangan 4 pemain bertitle Juara Dunia yaitu Lin Dan (2011,2013), Chen Long (2014,2015), Viktor Axelsen (2017) dan Kento Momota (2018). Anthony pun mengatakan bersyukur bisa melewati undian yang berat, kuncinya ya saya cuma berusaha, nggak terbebani. Waktu draw keluar, saya cuma melihat siapa lawan saya di babak pertama, itu saja. Makanya kalau ditanya, peluang lawan si A si B di perempat final, semifinal, saya tidak tahu, karena saya tidak perhatikan sampai ke sana. Saya fokus pada lawan yang akan saya hadapi besok seperti dilansir dari bolasport.com dari laman resmi PBSI.
(photo : badmintonindonesia.org)

3. Juara Tanpa Status Unggulan

Pada gelaran China Open 2018 ini Ginting tak masuk dalam jajaran pemain unggulan yang biasa peluang untuk juara lebih besar. Memang sejak gelar pertama tahun 2017 di Korea Open, terus berlanjut di dengan raihan gelar kedua di Indonesia Master 2018 dan China Open 2018 ini. Ginting mampu tampil menjadi kampiun mesti berstatus Non Unggulan.

4. Masuk Jajaran Top 10 Ranking BWF World Tour Ranking
Merengkuh gelar juara Anthony berhak atas hadiah sebanyak USD 70.000 atau setara kurang lebih satu milyar rupiah. Disisi lain pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat ini juga berhak atas 12.000 poin tambahan di BWF World Tour Rankingnya dan secara hitung-hitungan ia akan naik 5 tingkat ke ranking 7 dengan koleksi 46.600 poin.

sumber : bwfworldtour.bwfbadminton.com dan badmintonindonesia.org




Tidak ada komentar:

Posting Komentar